Penerapan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Perpindahan Kalor di Kelas X SMA Negeri 2 Kuta Baro

Nani Lismawati, 251121372 (2017) Penerapan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Perpindahan Kalor di Kelas X SMA Negeri 2 Kuta Baro. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Eksperimen]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Eksperimen)
Nani lismawati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (910kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam bidang pengajaran fisika pada materi kalor, menunjukkan bahwa salah satu sumber kesulitan utama dalam pembelajaran fisika, dikarenakan kurangnya penerapan model yang sesuai terhadap materi yang diajarkan kepada siswanya. Sehingga proses belajar mengajar tidak berjalan dengan lancer dan kurangnya keterlibatan antara guru dan siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode eksperimen pada materi Perpindahan Kalor. Melihat aktivitas guru dan siswa dengan menerapkan metode eksperimen pada materi Perpindahan Kalor. Untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode eksperimen pada materi Perpindahan Kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperimen dengan desain penelitian Pretest- Post test Control Group Desaign yang dilakukan di SMA N 2 Kuta Baro. Sampel dari penelitian ini diambil dari dari populasi sebanyak dua kelas yaitu kelas X-1 yang berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol dan X-2 yang berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan 3 cara, yaitu tes, observasi dan angket. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji t. Setelah post-test nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol nilainya sangat berarti (̅ KE 80,08>̅ KK 51,42), begitu juga dengan kedua data berdistribusi normal (xhitungKE 2,35 dan xhitungKK 2,94<xtabel11,07) dan juga homogen (Fhitungpost-test1,29<Ftabel1,98), setelah diuji t pada saat post-test ada perbedaan yang signifikan (thitung 9,87 pos-test> ttabel 1,68) ini berarti kelas yang diajarkan dengan metode eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas yang diajarkan tanpa menggunakan metode eksperimen. Sedangkan nilai aktivitas skor kegiatan rata-rata pada pertemuan pertama adalah 2,97 dengan persentase 74,25 % pertemuan kedua adalah 3,37 dengan persentase 84,25 % dan pertemuan ketiga adalah 3,76 dengan persentase 94%. Aktivitas siswa kegiatan rata-rata pada pertemuan pertama adalah 2,91 dengan persentase 73%. Pertemuan kedua adalah 3,22 dengan persentase 81,57% dan pertemuan ketiga adalah 3,59 dengan persentase 89,75%. Kriteria skor rata-rata untuk setiap respon siswa menyatakan bahwa respon siswa sangat positif yaitu 3,35 dengan persentasenya 83,75% terhadap penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kalor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Marzuki, M.S.I 2.Fitriyawany, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Hasil Belajar dan Materi Perpindahan Kalor
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nani Lismawati
Date Deposited: 08 Aug 2018 04:07
Last Modified: 08 Aug 2018 04:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4468

Actions (login required)

View Item
View Item