Penerapan Metode Storytelling terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Anak di PAUD IT Cendekia Tungkop-Aceh Besar

Raudhah Farah Dilla, 140210027 (2018) Penerapan Metode Storytelling terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Anak di PAUD IT Cendekia Tungkop-Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pebelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pebelajaran)
Raudhah Farah Dilla.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode yang menyenangkan didalam pembelajaran anak usia dini sangatlah diperlukan untuk menunjang pembelajaran yang efektif, terutama pada kegiatan awal pembelajaran (circle time) yang dilakukan untuk mengenalkan tema, pembiasaan, akhlak dan moral pada anak. Namun hasil observasi pada Kelompok TK B PAUD IT Cendekia guru tidak menggunakan metode yang menyenangkan, hal ini berakibat pada berkurangnya motivasi belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode storytelling yang diterapkan peneliti menggunakan interaksi ekstratekstual untuk peningkatan motivasi belajar anak didalam kegiatan circle time. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
dengan desain pre eksperimental. Subjek penelitian ini adalah peserta didik
kelompok TK B PAUD IT Cendekia Tungkop-Aceh Besar Tahun Ajaran
2017/2018 dengan jumlah 20 peserta didik. Teknik analisis data dilakukan dengan
deskriptif kuantitatif dengan membandingkan rata-rata data pre-test dan post-test
yang dikumpulkan melalui observasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Uji-T
dari hasil skala motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh
metode storytelling didalam kegiatan circle time terhadap peningkatan motivasi
belajar anak. Hal ini terlihat dari perbandingan nilai rata-rata sebelum dan sesudah
perlakuan. Pada kondisi awal didapatkan rata-rata nilai awal sebesar 45,45, sedangkan pada kondisi akhir didapatkan rata-rata sebesar 85,05. Selain itu, hasil pengkategorian kondisi awal diperoleh kategori kurang dan pada kondisi akhir diperoleh kategori tinggi. Salah satu interaksi ekstratekstual yang sangat berpengaruh dalam bercerita adalah Attention yaitu menarik perhatian anak menggunakan media yang menarik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Metode Storytelling berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar anak kelompok TK B PAUD IT Cendekia Tungkop-Aceh Besar tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Aisyah Idris, M.Ag 2. Dewi Fitriani, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Metode Storytelling, Interaksi Ekstratekstual
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Raudhah Farah Dilla
Date Deposited: 09 Aug 2018 02:31
Last Modified: 09 Aug 2018 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4476

Actions (login required)

View Item
View Item