Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di SMAS Muslimat Samalanga Bireuen

Ridha Sabrina, 291324987 (2018) Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di SMAS Muslimat Samalanga Bireuen. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang  Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa)
Ridha Sabrina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (511kB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar adalah suatu kondisi dimana siswa tidak dapat belajar secara wajar, disebabkan karena adanya hambatan atau gangguan dalam belajar. Dalam kenyataanya siswa menganggap bahwa pelajaran kimia itu sukar dan sulit untuk di pahami. Hal ini disebabkan pada saat mempelajari kimia siswa banyak mengalami kesulitan serta kesukaran dan tidak mampu menemukan penyelesaiannya, sehingga mengakibatkan hasil prestasi belajar siswa dalam pelajaran kimia rendah dan tidak memuaskan. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimanakah kesulitan belajar siswa pada materi ikatan kimia di SMAS Muslimat Samalanga Bireuen? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui tes, dan wawancara, kemudian data tersebut dianalisis melalui penguasaan siswa dan kesulitan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas X SMAS Muslimat Samalanga Bireuen masih mengalami kesalahan dan kesulitan dalam menyelesaikan soal ikatan kimia yaitu 80% siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal membedakan sifat fisis kovalen dan logam, 76% siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal memperkirakan kepolaran suatu molekul, dan 37% siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal membedakan antara ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, serta ikatan logam. Hal ini disebabkan oleh materi sulit dipahami oleh siswa, kemampuan siswa yang rendah, dan kurangnya latihan pengerjaan soal-soal. Serta siswa memiliki kemampuan yang lemah dalam mengingat konsep dari materi yang diajarkan dan siswa juga kurang teliti dalam menyelesaikan soal yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Ir. Amna Emda, M.Pd 2. Ainun mardhiah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar siswa, Ikatan kimia, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ridha Sabrina
Date Deposited: 17 Sep 2018 04:58
Last Modified: 17 Sep 2018 04:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4610

Actions (login required)

View Item
View Item