Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Cahaya di Kelas VIII MTsN 7 Aceh Besar

Rauzatul Jannah, 251121322 (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Cahaya di Kelas VIII MTsN 7 Aceh Besar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Islam Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Selajar Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Selajar Siswa)
Rauzatul Jannah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Selajar Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Selajar Siswa)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (623kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MTsN 7 Aceh besar pada pembelajaran fisika diketahui bahwa guru masih menggunakan metode konvensional dimana guru cenderung menggunakan metode ceramah, yaitu pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Metode konvensional tidak semuanya cocok untuk materi fisika, karena metode konvensional memiliki kelemahan di antaranya, dapat menyebabkan siswa bosan tidak termotivasi serta cenderung menghafal rumus-rumus tetapi tidak memahami konsep. Dari permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian dengan judul Peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi cahaya di kelas VIII MTsN 7 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang bertujuan untuk mengetetahui bahwa penggunaan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN 7 Aceh Besar, sementara sampel diambil hanya peserta didik kelas VIII1 dan peserta didik kelas VIII2 yang masing-masing berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik tes berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data pada hasil tes menggunakan statistik deskriptif yaitu dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil penilitian, analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya di MTsN 7 Aceh Besar. Hasil analisis data menunjukkan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas control. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 5,01 > 1,68.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Ridhwan.M, Si; NIP.196912311999051005 2. Maimunah. M, Ag; NIP.196706151995032001
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri, Siswa MTsN
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rauzatul Jannah
Date Deposited: 07 Sep 2018 05:04
Last Modified: 07 Sep 2018 05:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4640

Actions (login required)

View Item
View Item