Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Lingkungan terhadap Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Ekosistem di SMPN 1 Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya

Yenni Erlija, 281324904 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Lingkungan terhadap Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Ekosistem di SMPN 1 Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Yenni Erlija.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah aktivitas belajar siswa kurang. Rendahnya aktivitas ini dapat disebabkan karena penggunaan model yang digunakan masih didominasi dengan model ceramah, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu permasalahan tersebut perlu dicari solusi, yaitu dengan mengembangkan model dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran think talk write berbasis lingkungan pada materi ekosistem di SMPN 1 Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dalam bentuk One-Group Pretest- postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 1
Jeumpa yang terdiri dari 5 kelas, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII 3 yang berjumlah 23 siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data aktivitas menggunakan uji persentase aktivitas siswa dan uji statistik t-test pada taraf signifikan 0,05. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama
73,57% dengan kategori aktif, dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua88,92% dengan kategori sangat aktif. Hasil analisis statistik menggunakan t-tes diperoleh thitung = 16,70 sedangkan ttabel = 1,71 sehingga thitung ≥ ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model think talk write berbasis lingkungan pada materi ekosistem terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN1 Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Samsul Kamal, S.Pd, M.Pd; 2. Nurasiah M.Pd
Uncontrolled Keywords: Lingkungan, Hasil Belajar Siswa, Aktivitas Belajar Siswa, Ekosistem
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Yenni Erlija
Date Deposited: 28 Sep 2018 03:32
Last Modified: 28 Sep 2018 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4664

Actions (login required)

View Item
View Item