Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di SMAN 5 Aceh Barat Daya

Nida Hasrina, 281324814 (2018) Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di SMAN 5 Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Nida Hasrina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah penerapan metode dan media pembelajaran yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan penerapan metode pembelajaran mind mapping dan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di SMAN 5 Aceh Barat Daya. Rancangan penelitian ini menggunakan Pre experimental design dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 5 Aceh Barat Daya yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian adalah kelas XI IPA 2. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar angket motivasi belajar siswa dan soal tes. Analisis data motivasi belajar siswa menggunakan rumus index dan hasil belajar siswa menggunakan uji statistik t-test pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran mind mapping dan media gambar pada materi sistem ekskresi kelas XI SMAN 5 Aceh Barat Daya dengan nilai rata-rata 88 termasuk kategori sangat tinggi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai pre-test 37,89 dan nilai post-test 86,05. Hasil uji t menunjukkan thitung= 12,22, dengan d.b 18 diperoleh ttabel= 1,73. Hasil ini menunjukkan thitung>ttabel, sehingga Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi pada manusia kelas XI dengan penerapan metode mind mapping dan media gambar (Ha diterima).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Wati Oviana, M.Pd; 2. Nafisah Hanim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Media Gambar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Sistem Ekskresi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nida Hasrina
Date Deposited: 28 Sep 2018 03:34
Last Modified: 28 Sep 2018 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4665

Actions (login required)

View Item
View Item