Penerapan Media Peta Konsep dalam Pembelajaran Sistem Pernapasan pada Manusia di MAN 2 Aceh Selatan

Cut Desi Purnama, 281324872 (2018) Penerapan Media Peta Konsep dalam Pembelajaran Sistem Pernapasan pada Manusia di MAN 2 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Media Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Media Pembelajaran)
Cut Desi Purnama.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran Biologi disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran. Mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan berbagai media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang disampaikan sehingga hasil belajar dan aktivitas siswa dapat ditingkatkan. Salah satunya dengan penerapan media peta konsep. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan pada manusia dengan menggunakan media peta konsep. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment pre-test dan post-test grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Aceh Selatan, sedangkan pengambilan sampel penelitian secara purposive sampling dengan tujuan tertentu yaitu dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA-2. Oleh karena itu yang menjadi sampel adalah kelas XI IPA-2. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, dan soal tes. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes untuk hasil belajar siswa. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama 73,86% dengan kategori aktif, dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua 88,63% dengan kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pretest yaitu 44,13 dan nilai rata-rata posttest yaitu 80,21. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung ≥ ttabel (thitung = 22,55 ≥ ttabel=1,717). Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media peta konsep dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Nurasiah, M.Pd. 2.Eva Nauli Taib, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peta konsep, Aktivitas, Hasil belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Desi Purnama
Date Deposited: 29 Aug 2018 04:49
Last Modified: 29 Aug 2018 04:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4717

Actions (login required)

View Item
View Item