Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Invetigation(GI)untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah

Mauliyanti, 261222856 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Invetigation(GI)untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang  Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif)
Mauliyanti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (475kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika disebabkan oleh berbagai faktor.Salah satunya dalam proses pembelajaran yang lebih dominan berpusat pada guru, sehingga siswa cenderung pasif, berakibat siswa tidaktimbul rasa ingin tahu serta minat dalam belajar dan belum adanya kerjasama antara sesama siswa. Oleh karena itu, model pembelajaran kooperatif tipe group investigation adalah salah satu alternatif dalam mengoptimalkan hasil belajar siswa sesuai yang diharapkan serta dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 3 Pidie Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 3 Pidie Jaya pada sub materi operasi himpunan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 3 Pidie Jaya sebanyak lima kelas, sebagai sampel diambil dua kelas yaitu kelas VII/B sebanyak 20 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII/E sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data kemampuan hasil belajar matematika siswa menggunakan instrumen yang berupa tes. Sedangkan pengolahan data menggunakan statistik uji-tsatu pihak.berdasarkan uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai t_hitung= 7,06 dan t_tabel= 1,68, karena t_hitung>t_tabelmaka berdasarkan kriteria pengambilan keputusannya H_(0 ) ditolak dan H_1diterima. Hal ini menunjukkkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa MTsN Pidie Jaya dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajrkan menggunakan model pembelajarn STAD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. H.Yacoeb, M.Pd 2.Yassir, S.Pd.I., S.T, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI , Operasi Himpunan, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mauli yanti
Date Deposited: 24 Sep 2018 02:30
Last Modified: 24 Sep 2018 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4722

Actions (login required)

View Item
View Item