Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan dengan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II MIS Lamgugob Banda Aceh

Putri Laura Sari, 201223426 (2018) Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan dengan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II MIS Lamgugob Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran dan Belajar]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran dan Belajar)
Putri Laura Sari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (631kB) | Preview

Abstract

Penulisan ini beranjak dari permasalahan yang penulis temukan pada MIS Lamgugob. Permasalahan tersebut penulis ketahui berdasarkan hasil observasi yang pernah penulis lakukan di MIS Lamgugob. Siswa kelas II masih banyak yang belum lancar dalam membaca dan menulis. Oleh sebab itu penulis mencoba menggunakan metode CIRC untuk membantu siswa dalam membaca dan menulis permulaan. Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam membaca yaitu siswa kurang latihan dalam belajar membaca dan kesulitan siswa dalam menulis yaitu cara menulis tidak konsisten. Penerapan metode dapat membantu siswa dalam berlatih membaca dan menulis yang diarahkan pada pemahaman membaca, kosakata, pembacaan pesan, dan ejaan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam membaca dan menulis permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, 2) untuk mengetahui tingkat aktivitas guru dalam pembelajaran dengan menerapkan metode CIRC, 3) dan untuk mengetahui tingkat aktivitas siswa kelas II MIS Lamgugob Banda Aceh dalam proses pembelajaran membaca dan menulis permulaan setelah penerapan metode CIRC. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II A MIS Lamgugob Banda Aceh yang berjumlah 41 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta pemberian test. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus presentase. Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai persentase 70,68% kategori Baik dan pada siklus II diperoleh nilai persentase 89,16% (Sangat Baik). Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I nilai persentase yang diperoleh adalah 62,5% kategori Baik dan pada siklus II diperoleh skor 89,42% kategori Sangat Baik. Sedangkan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis permulaan, pada siklus I sebanyak 29 orang tuntas (70,73%), dan pada siklus II 36 orang (87,80%) tuntas. Sedangkan dalam menulis siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 28 orang (68,29%), dan pada siklus II 35 orang (85,36%) tuntas. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode CIRC pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan pada siswa kelas II A MIS Lamgugob Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azhar, M.Pd 2. Yuni Setia Ningsih, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode CIRC, Membaca dan Menulis Permulaan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Putri Laura Sari
Date Deposited: 10 Sep 2018 04:19
Last Modified: 10 Sep 2018 04:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4743

Actions (login required)

View Item
View Item