Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama dalam Meningkatkan Perilaku Etik Siswa SMP Negeri 4 Banda Aceh

Rismananda, Yulijar (2018) Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama dalam Meningkatkan Perilaku Etik Siswa SMP Negeri 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Teknik Sosiodrama]
Preview
Text (Membahas tentang Teknik Sosiodrama)
Rismananda Yulijar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian skripsi ini adalah “Untuk mengetahui apakah ada peningkatan dari perubahan perilaku etik siswa kepada guru sebelum dan setelah penerapan layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodramam ?”. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah apakah ada peningkatan dari perubahan perilaku etik siswa kepada guru sebelum dan setelah penerapan layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama ?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII-5 di SMP Negeri 4 Banda Aceh sebanyak 30 orang dan sampel penelitian adalah 10 orang siswa kelas VIII-5. Data dikumpulkan melalui observasi dan skala. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan realibilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 25 butir soal terdapat 19 butir soal valid, sedangkan hasil analisis realibilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,903 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi SPSS 20 dan uji t test. Uji prasayarat menggunakan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan perilaku peserta didik dengan nilai rata-rata post-test 68,1 dibandingkan dengan jumlah nilai rata-rata pre-test 52,2. Berdasarkan analisis paired sample t test, diketahui adanya perbedaan sebelum dan setelah diberikannya teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku etik siswa kepada guru di SMP Negeri 4 Banda Aceh, dengan data t hitung > t tabel (4,773 > 2,262) atau sig < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan, etika membahas tentang baik dan buruk perilaku seseorang, dimana perilaku siswa sekarang tidak sesuai lagi dengan nilai etika sehingga diperlukan penanganan dari guru termasuk guru BK dengan memberikan layanan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam memperbaiki etika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs.Munirwan Umar, M.Pd 2. Faisal Anwar, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Perilaku Etik Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Risma Nanda Yulijar
Date Deposited: 14 Sep 2018 03:44
Last Modified: 14 Sep 2018 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4757

Actions (login required)

View Item
View Item