Penerapan Model Discovery Learning dengan Media Visual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kingdom Animalia di SMAN 1 Kota Bahagia

Rahmi, 281324868 (2018) Penerapan Model Discovery Learning dengan Media Visual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kingdom Animalia di SMAN 1 Kota Bahagia. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Discovery Learning dan Media Visual]
Preview
Text (Membahas tentang Model Discovery Learning dan Media Visual)
Rahmi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Discovery Learning dan Media Visual]
Preview
Text (Membahas tentang Model Discovery Learning dan Media Visual)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (452kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di SMAN 1 Kota Bahagia masih berpusat pada guru (teacher center) guru masih mendominasi proses pembelajaran.Guru dalam menyampaikan materi pembelajaran lebih sering menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan model yang tepat.Guru juga belum memamfaatkan media dan lingkungan yang ada dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning dengan media visual di kelas X SMAN 1 Kota Bahagia.Rancangan penelitian ini adalah true-eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Kota Bahagia,dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Mia1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Mia2 sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel dilakukan secara Random Sampling. Pegumpulan data dilakukan mengguanakan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan soal tes. Analisis data aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase sementara hasil belajar siswa dianalisis menggunakan rumus Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya aktivitas belajar siswa kelas eksperimen pada pertemuan 1 82,95 % pertemuan 2 86,36% dan pertemuan 3 90,68%, Sedangkan kelas kontrol pertemuan 1 65,90% pertemuan 2 68,18 dan pertemuan 3 77,84%. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pre-test 53,54 dan nilai post-tes adalah 83,12 sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata pre-test 53,54 dan nilai post-test adalah 66,73. Berdasarkan hasil Uji-t pula diketahui nilai dari t = 1,67 Sehingga thitung = ttabel maka ha diterima dan h0 hitung ditolak. Hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas ekperimen tergolong sangat aktif sedangkian kelas kontrol dalam kategori aktif dan hasil belajar siswa kelas eksperiemen lebih tinggi dari pada kelas kontrol karena adanya penggunaan model discovery learning dan media visual pada siswa kelas X SMAN 1 Kota Bahagia pada materi Kingdom Animalia. = 3,31 dan ttabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Elita Agustina, M.Si 2. Wati Oviana M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning,Media Visual, Hasil Belajar Siswa, Materi Kingdom Animalia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rahmi Lisanuddin
Date Deposited: 29 Sep 2018 07:04
Last Modified: 07 Feb 2019 10:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4771

Actions (login required)

View Item
View Item