Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Anak Melalui Penerapan Metode Karyawisata pada Pembelajaran Tema 8 Ekosistem Siswa Kelas V MIN 3 Aceh Besar

Nurul Izzah, 201223343 (2018) Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Anak Melalui Penerapan Metode Karyawisata pada Pembelajaran Tema 8 Ekosistem Siswa Kelas V MIN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Kemampuan Menulis Pantun Anak Melalui Metode Karyawisata.]
Preview
Text (Membahas tentang Kemampuan Menulis Pantun Anak Melalui Metode Karyawisata.)
Nurul Izzah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Kemampuan menulis pantun siswa kelas V MIN 3 Aceh Besar masih rendah. Siswa kurang memahami tata cara menulis pantun yang baik dan benar tentang kesesuaian jumlah baris setiap bait, kesuaian bersajak a-b-a-b dan kesesuaian letak sampiran dan isi. Hal ini mengakibatkan hasil menulis pantun siswa menjadi rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pantun adalah dengan menggunakan metode karyawisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pantun dengan penerapan metode pembelajaran. Tujuan pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes kemampuan siswa menulis pantun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 3 Aceh Besar. Adapun teknik analisis data dengan teknik deskriptif persentatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Aktivitas guru dengan penerapan metode pembelajaran karyawisata meningkat dari siklus I hanya 65,10% menjadi 84,21%, (2) Aktivitas siswa pada siklus I hanya 68,42% menjadi 88,15%, (3) Hasil kemampuan siswa menulis pantun pada siklus I dengan rata-rata hanya 65,21 meningkat pada siklus II menjadi 86,95. Ini berarti sebagian besar siswa tuntas belajarnya melalui metode pembelajaran karyawisata dalam menulis pantun pada siswa kelas V MIN 3 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Ridhwan M. Daud, M.Ed; 2. Yuni Setia Ningsih, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis Pantun, Metode Karyawisata
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Izzah Nurul
Date Deposited: 18 Sep 2018 02:40
Last Modified: 18 Sep 2018 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4781

Actions (login required)

View Item
View Item