Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hukum Newton di MTSS Lam Ujong Aceh Besar

Atikah Triaktesa, 251222773 (2017) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hukum Newton di MTSS Lam Ujong Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Atikah Triaktesa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII3 MTsS Lam Ujong Aceh Besar pada pelajaran fisika materi Hukum Newton. Berdasarkan penelitian terlihat bahwa hanya guru yang berperan aktif dalam proses pembelajaran sedangkan siswa lebih pasif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode Problem Based Learning (PBL) pada Materi Hukum Newton di MTsS Lam Ujong Aceh Besar. Jenis metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pra eksperimen, dengan desain Pre test Post test One Group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsS Lam Ujong Aceh Besar. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII3 MTsS Lam Ujong Aceh Besar. Sesuai dengan hasil penelitian didapatkan bahwa thitung = 11,12. Kemudian dicari ttabel didapatkan t0,95(21) = 1,72, thitung > t1-α atau 11,12 > 1,72 Dengan demikian H0 ditolak atau Ha diterima, artinya adanya peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) pada materi Hukum Newton di Lam Ujong Aceh Besar. Berdasarkan analisis respon siswa yang yang menyatakan Sangat Setuju 64,13%, Setuju 30,5%, Tidak Setuju 3,2% dan Sangat tidak Setuju 1,82%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa yang Sangat Setuju 64,13% di tambah dengan Setuju 30,5% yaitu 94,63%. menunjukkan kriteria sangat tertarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ridhwan, M.Si; 2. Fera Annisa M. Sc
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa, Materi Hukum Newton
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Atikah Triaktesa
Date Deposited: 12 Sep 2018 09:18
Last Modified: 12 Sep 2018 09:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4794

Actions (login required)

View Item
View Item