Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Ikatan Kimia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri I Kluet Utara.

Zulhijah, 291223262 (2017) Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Ikatan Kimia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri I Kluet Utara. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Zulhijah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi ikatan kimia dikelas X IPA2 SMA N I Kluet Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) aktivitas belajar (2) hasil belajar siswa (3) respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XIPA2 yang berjumlah 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, dan angket. Data hasil observasi dan angket dianalisis dengan menggunakan teknik persentase sedangkan hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji-t pada taraf signifikasi α = 0,05 atau (5%). Diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,79 > 1,71 sehingga Ha diterima Ho ditolak. Persentase rata-rata pada aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada kelas XIPA2 sebesar 85,71%, respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing sangat baik yaitu 95,76%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, pada materi ikatan kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Ir. Amna Emda, M.Pd 2. Asnaini, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Materi Ikatan Kimia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 19 Sep 2018 17:22
Last Modified: 19 Sep 2018 17:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4820

Actions (login required)

View Item
View Item