Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di SMAN 1 Trumon Timur Aceh Selatan

Fitri Filyanti, 291121679 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di SMAN 1 Trumon Timur Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran Contextual Teaching and  Learning]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning)
Fitri Filyanti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitia yang berjudul “Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan kimia Di kelas X SMA Negeri 1 Trumon Timur Aceh Selatan ”bertujuan untuk meningkatkan, aktivitas, hasil belajar dan tanggapan siswa terhadap penerapan model pemebelajaran contextual teaching and learning (CTL). Penelitian ini mulai dilakukan 20 Februari 2015 s/d 14 Desember 2015. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitian adalah eksperimen yang berupa pra-ekperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA sebanyak 30 siswa. Hasil belajar siswadukur dengan menggunakanaktivitas siswa di ukur dengan lembar observasi, soal tes, dan tanggapan siswa di peroleh dengan angket.Aktivitas siswa tergolong sangat tinggi dengan persentase rata-rata 91,25%, Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat dengan persentase hasil belajar yang diperoleh 65,2% nilai sebelum menggunakan model CTL, sedangkan Siswa telah menggunakan model CTL persentase yang diperoleh 78,67%. Tanggapan siswa adalah positif sebanyak 80%, sedangkan yang bertanggapan negatif 7,4%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaranCTL dapat meningkatkan, aktivitas, hasil belajar, dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Sri Adelila Sari, M.Si, Ph.D 2.Riza Zulyani M.Pd
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Ikatan Kimia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Fitri Filyanti
Date Deposited: 17 Sep 2018 04:07
Last Modified: 17 Sep 2018 04:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4830

Actions (login required)

View Item
View Item