Nurul Fitriani, 140209023 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Debat Aktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 9 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.
Nurul Fitriani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf
Download (241kB) | Preview
Abstract
Dari hasil observasi penelitian di kelas V MIN 9 Banda Aceh, penulis melihat masalah kurangnya kemampuan berkomunikasi siswa hingga menyebabkan hasil belajar tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Kurangnya kemampuan berkomunikasi siswa disebabkan karena siswa kurang aktif dan berinteraksi dalam mengemukakan pendapatnya, kurang bertanya jawab dengan gurunya, kurang memahami dan menguasai materi yang dipelajari, kurang menguasai informasi serta kurang aktif dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, penulis mencoba melakukan upaya untuk menciptakan proses belajar mengajar yang aktif, efektif, kreatif dan menyenangkan dengan menerapkan model pembelajaran Debat Aktif. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran Debat Aktif kelas V pada tema Lingkungan Sahabat Kita di MIN 9 Banda Aceh? (2) Apakah ada peningkatan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Debat Aktif kelas V pada tema Lingkungan Sahabat Kita di MIN 9 Banda Aceh?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran Debat Aktif kelas V pada tema Lingkungan Sahabat Kita di MIN 9 Banda Aceh. (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Debat Aktif kelas V pada tema Lingkungan Sahabat Kita di MIN 9 Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Aktivitas guru kelas eksperimen memperoleh nilai 88,33% (Sangat Baik), dan aktivitas guru kelas kontrol memperoleh nilai 51,66% (Kurang). (2) Kemampuan berkomunikasi siswa kelas eksperimen memperoleh nilai 80% (Baik), dan kemampuan berkomunikasi siswa kelas kontrol memperoleh nilai 52% (Kurang), serta hasil belajar siswa dikelas eksperimen memperoleh nilai 73,76, dan hasil belajar siswa dikelas kontrol memperoleh nilai 42,1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Debat Aktif pada tema Lingkungan Sahabat Kita dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Saifullah, M.Ag 2. Al Juhra,S.Sos.I, M.S.I |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Debat Aktif, Kemampuan Berkomunikasi dan Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nurul Fitriani |
Date Deposited: | 29 Sep 2018 07:19 |
Last Modified: | 29 Sep 2018 07:19 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4838 |