Kafaatuht Thullab 'ala Saitharatil 'Adad wal Ma'dud (Dirasah Wasffiyah bi Jami'ati Ar-Raniry

Teuku Burhanuddin, 221222608 (2018) Kafaatuht Thullab 'ala Saitharatil 'Adad wal Ma'dud (Dirasah Wasffiyah bi Jami'ati Ar-Raniry. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of TEUKU BURHANUDDIN.pdf]
Preview
Text
TEUKU BURHANUDDIN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of FORM B DAN D.pdf]
Preview
Text
FORM B DAN D.pdf

Download (680kB) | Preview

Abstract

Kemampuan Mahasiswa Dalam Pengaplikasian Adad Ma’dud (Pendekatan Deskriptif Di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Ar-Raniry) Bahasa Adalah suara yang diucapkan oleh seluruh kaum untuk memperoleh tujuan mereka. Dalam mempelajari Bahasa Arab terdapat banyak kaidah diantaranya Nahwu Sharf Balaghah dan lain-lain. Nahwu dalam artian bahasa adalah Jalan Dan Ikatan, dinamakan Nahwu karena ilmu ini menjadi jalan yang harus ditempuh oleh pelajar Bahasa Arab agar bisa berbahasa arab yang pasih. Dalam ilmu Nahwu terdapat banyak materi diantaranya kaidah Adad Dan Ma’dud. Setiap Adad ada hukum khusus baik secara Tazkir Ta’nis dan Tamyiznya. Berdasarkan dengan ini penulis melihat banyak dari mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab salah dalam pengaplikasian kaidah ini baik ketika berbicara, menulis maupun membaca, kesalahan terbanyak yang ditemukan penulis adalah ketika menggantikan Ma’dud baik yang Muzakkar maupun Muannas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab dalam pengaplikasian kaidah Adad Ma’dud serta untuk mengetahui apa penyebab ketidak mampuan mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab dalam pengaplikasian kaidah ini. ‘Adad Jama’nya A’dad dari isim ‘Adda yang artinya hitungan. Adad sendiri bermacam-macam, Adad Mufrad misalnya 6,5,4 atau Adad Murakkab misal 14,15,16 atau Adad Ma’tuf Ma’tuf Alaih misal 24,25,26 dan Adad ‘Uqud misal 20, 30, 40, 50. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 6 Pendidikan Bahasa Arab dengan jumlah 150 mahasiswa, serta sampelnya berjumlah 22 mahasiswa sekitar 15% dari polpulasi. Dari penelitian ini penulis menemukan 3 permasalahan yang di hadapi mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab, pertama kurangnya pemahaman mereka terhadap kaidah Bahasa Arab, mahasiswa tidak memahami seluruh kaidah dalam Bahasa Arab khususnya dalam kaidah Adad Dan Ma’dud sehingga menyulitkan mereka dalam pengaplikasian materi ini, kedua kurangnya kosakata bahasa arab yang mereka kuasai dan tidak mengaplikasikan kosa kata dalam pembicaraan sehari-hari sehingga lupa akan kosakata yang sudah mereka kuasai. Ketiga kurangnya keinginan mahasiswa untuk mengetahui serta mempraktekkan apa yang sudah mereka pelajari tentang kaidah Adad Dan Ma’dud sehingga mereka tidak mampu membedakan seluruh pembagian Adad Dan Ma’dud dalam penerapan bahasa arab.

ABSTRACT
Thesis Title: Student Ability in Adad Ma'dud Application (Descriptive Approach In Arabic Language Department UIN Ar-Raniry). Language is the voice spoken by the whole people to achieve their goals. In learning Arabic, there are many rules such as Nahwu Sharf Balaghah and others. Nahwu in the sense of language is the Way and the Bond. It is called Nahwu because this science becomes the path that must be taken by Arabic students to be able to speak Arabic language. In the science of Nahwu, there are many materials such as Adad and Ma'dud rules. Every Adadada is a special law in both Tazkir Ta'nis and Tamyiz. Based on this, the writer sees many of Arabic Language Education students do a lot of mistakes in applying this rule in speaking, writing or reading especially when replacing the Ma'dud both Muzakkar and Muannas. The purpose of this research is to know the ability of the students of Arabic Language Education in applying Adad Ma'dud and to find out the causes of the inability of the students of Arabic Language Education in applying this rule. The plural form of 'Adad is A'dad derived from word ‘Adda which means count. Adad itself vary, for example Adad Mufrad 6.5,4 or Adad Murakkab 14,15,16 or Adad Ma'tuf, Ma'tuf Alaih 24,25,26 and Adad 'Uqud 20, 30, 40, 50. In this research , the writer used a descriptive approach. Population in this research is 6th semester students of Arabic Education. There are 150 students, and the sample is 22 students, about 15% from population. Based on the research, the writer found 3 problems faced by the students of Arabic Language Education, the first lack of their understanding of the Arabic rules, the students do not understand all the rules in Arabic especially in Adad and Ma'dud rules in making them difficult in the application of this material; the second lack of vocabulary the Arabic language they control and do not apply the vocabulary in daily conversation and also forget the vocabulary they have mastered; the third lack of the desire of students to know and practice what they have learned about the rules of Adad and Ma'dud so that they are not able to distinguish the whole division of Adad and Ma'dud in the application of Arabic language.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Marzun R, M.Ag 2. Husnizar, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kafaatuht,'Adad, Ma'dud
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr. TEUKU BURHANUDDIN
Date Deposited: 29 Sep 2018 07:17
Last Modified: 29 Sep 2018 07:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4859

Actions (login required)

View Item
View Item