Penerapan Model Problem Based Learning (PBL)terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa MAN 3 Aceh Selatan

Ira Mardhiya Syarif, 281324945 (2018) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL)terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa MAN 3 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Ira Mardhiya Syarif.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di MAN 3 Aceh Selatan masih berpusat pada guru (teacher center), dan penggunaan model pembelajaran belum bervariasi dan masih terbatas. Guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Selama proses pembelajaran berlangsung siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru dan siswa kurang dilibatkan sehingga kemampuan berpikir kritis siswa masih kurang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis dan respon siswa dalam pembelajaran dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) di kelas XI MAN 3 Aceh Selatan. Rancangan penelitian ini adalah true experimental design, dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design yang melibatkan kelas eksperimen XI IPA1 dan kelas kontrol XI IPA2. Data dikumpulkan melalui lembar tes dan lembar angket. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t dan angka persentase. Hasil penelitian menunjukkan thitung > ttabel yaitu thitung = 2,53 dan t0,95 = 1,69. Sehingga Ha diterima yaitu terdaat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model PBL dengan siswa kelas kontrol yang dibelajarkan secara konvensional, dengan perolehan skor rata-rata post-test kelas eksperimen 81,5 dengan kelas kontrol yang dibelajarkan secara konvensional memiliki rata-rata skor 69,87. Hasil analisis data respon siswa dilihat berdasarkan persentase yang diperoleh yaitu 95,53% dengan menggunakan model PBL. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model PBL dengan yang dibelajarkan secara konvensional pada siswa MAN 3 Aceh Selatan pada materi sistem peredaran darah manusia. Berdasarkan hasil analisis respon siswa dapat disimpulkan bahwa respon siswa kelas eksperimen terhadap penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem peredaran darah manusia termasuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Eva Nauli Taib, S.Pd., M.Pd 2. Wati Oviana M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Berpikir Kritis dan Respon Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ira Mardhiya Syarif
Date Deposited: 19 Sep 2018 02:51
Last Modified: 19 Sep 2018 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4869

Actions (login required)

View Item
View Item