Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas X MAN Kluet Aceh Selatan

Fitri Yunida, 261121423 (2016) Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas X MAN Kluet Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Fitri Yunida.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab siswa kurang memahami konsep matematika karena kurangnya kemampuan komunikasi matematis. Selain itu siswa juga mengalami kesulitan dalam belajar matematika karena proses pembelajaran matematika yang masih didominasi oleh guru. Dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa mampu mengkomunikasikan matematika dengan baik. Model pembelajaran problem based learning adalah suatu model pembelajaran yang mengajak siswa untuk berkelompok dan mengembangkan pengetahuan, penalaran, berkomunikasi, serta memperoleh pengalaman dalam diskusi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kategori kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning di Kelas X MAN Kluet Aceh Selatan dan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan melalui penerapan model pembelajaran problem based learning lebih baik dari pada siswa dengan pembelajaran konvensional. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain control group pre test post test design dengan melakukan penelitian pada dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MAN Kluet Selatan. Teknik dalam menentukan sampel adalah purposif sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA 1 sebagai kelompok Eksperimen dan Kelas X IPA 2 sebagai kelompok Kontrol. Hasil perhitungan rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa dengan konversi persentase skor secara klasikal diperoleh nilai sebesar 79,6% yang berarti kemampuan komunikasi matematis siswa berada dalam katagori sedang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = 53 dan taraf signifikan 0,05 dari daftar distribusi t diperoleh t_((0,95)(53))=1,67. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian diperoleh thitung = 8,03, maka t_hitung=8,03≥ t_(a,v) = 1,67 dengan demikian Hipotesis nihil (Ho) ditolak atau berarti Hipotesis alternatif (H1) diterima. Ini berarti kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model problem based learning lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Hafriani, M. Pd 2. Novi Trina Sari, S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematika, Problem Based Learning , Mata Pelajaran Matematika
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Fitri Yunida
Date Deposited: 20 Sep 2018 05:31
Last Modified: 20 Sep 2018 05:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4959

Actions (login required)

View Item
View Item