Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamens (TGT) terhadap Hasil Belajar siwa pada Materi Pengukuran di MAS Darul Ihsan Aceh Besar

Devi Marzah, 251222779 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamens (TGT) terhadap Hasil Belajar siwa pada Materi Pengukuran di MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Devi Marzah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MAS Darul Ihsan Aceh Besar pada Materi Pengukuran. Berdasarkan hasil observasi diperoleh bahwa proses pembelajaran yang diterapkan belum menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di MAS Darul Ihsan Aceh Besar dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) pada materi pengukuran di MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Jenis metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre eksperimental, dengan desain One Group Pre test Post test Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X (4E) yang berjumlah 24. Sesuai dengan hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan maka yaitu 9,25 > 1,71, maka dapat dinyatakan bahwa Ha terima artinya adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) sangat baik, dibuktikan dengan hasil dari respon siswa dengan nilai persentase sangat setuju 21,663% ditambah dengan persentase setuju 65,83% adalah 87,493%, sehingga kriteria persentase respon siswa dalam kategori 76-100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Marzuki, M.Si; 2. Fitriyawany, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa dan Materi Pengukuran
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Devi Marzah
Date Deposited: 21 Sep 2018 03:51
Last Modified: 21 Sep 2018 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4969

Actions (login required)

View Item
View Item