Kompetensi Personal Pustakawan dan Kaitannya dengan Kepuasan Pengguna pada Layanan Referensi Badan Arsip dan Perpustakawan Aceh

Radhiani, 531202835 (2018) Kompetensi Personal Pustakawan dan Kaitannya dengan Kepuasan Pengguna pada Layanan Referensi Badan Arsip dan Perpustakawan Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Kompetensi Pustakawan]
Preview
Text (Membahas tentang Kompetensi Pustakawan)
Radhiani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (967kB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Kompetensi Pustakawan]
Preview
Text (Membahas tentang Kompetensi Pustakawan)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (203kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Kompetensi Personal Pustakawan dan Kaitannya Dengan Kepuasan Pengguna Pada Layanan Referensi Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kompetensi personal pustakawan pada layanan referensi Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh dan untuk mengetahui kaitan antara kompetensi personal pustakawan dengan kepuasan pengguna pada layanan referensi Badan Arsip Dan Perpustakaan Aceh, dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang, terdiri dari 30 orang pengguna dan 2 orang pegawai perpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi Personal Pustakawan dalam melakukan layanan referensi, baik dari sikap, pengetahuan dan keterampilan. Sikap pustakawan dalam melayani pengguna seperti kepedulian, sopan, ramah dan sabar. Sedangkan pengetahuan mengenai cara melayani pengguna, mengetahui, ketersediaan koleksi dan mengetahui cara membantu pengguna dalam mencari informasi, keterampilan maupun berkomunikasi yang baik dan mampu dengan cepat memberikan informasi kepada pengguna. Begitu pula dengan kompetensi personal pustakawan layanan referensi Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh. Erat dengan kepuasan pengguna merasa puas terhadap fasilitas seperti layanan buka jam 08.00 sampai jam 12.00 kemudian istirahat dan jam 02.00 sampai jam 5 sore yang disediakan oleh perpustakaan dan juga jam layanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Nurhayati Ali Hasan, M. LIS; 2. Drs. Nasruddin, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pustakawan, Kepuasan Pengguna, Layanan Referensi
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.6 Jasa Sirkulasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Radhiani Ani
Date Deposited: 30 Oct 2018 15:37
Last Modified: 05 Dec 2018 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4970

Actions (login required)

View Item
View Item