Pengaruh Penggunaan Media PhET Simulation terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi

Wardah Laila, 251222823 (2016) Pengaruh Penggunaan Media PhET Simulation terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Media Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Media Pembelajaran)
Wardah Laila .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Media Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Media Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas X MAS Darul Ihsan Aceh Besar diperoleh permasalahan bahwa kesulitan belajar fisika yang dihadapi oleh siswa salah satunya disebabkan karena guru jarang melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan eksperimen dan keterbatasan media pembelajaran sehingga keinginan siswa dalam belajar masih kurang. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan yang didapat siswa tersebut masih dibawah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka diperlukan media pembelajaran yang sesuai dengan konsep fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media PhET Simulation terhadap hasil belajar siswa pada materi pembiasan cahaya di Kelas X MAS Darul Ihsan Aceh Besar dan mengetahui respon siswa terhadap media PhET Simulation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini true- eksperimental design, sedangkan desainnya adalah Pre-test and Post-test Control Group Desain yang dilaksanakan di MAS Darul Ihsan Aceh Besar,. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Darul Ihsan Aceh Besar semester genap tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh kelas X-E yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X-F yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan Uji-t dua sampel independen, diperoleh hasil skor rata-rata posttest kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan rata-rata skor posttest kelas kontrol dengan thitung> ttabel yaitu 6,62 > 1,67 pada taraf signifikan 95%. Respon siswa terhadap penggunaan media PhET Simulation sangat baik ditunjukkan dengan respon siswa yang menjawab setuju dan sangat setuju 66,18% terhadap pernyataan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media PhET Simulation pada pembelajaran materi pembiasan cahaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Respon siswa terhadap penggunaan media PhET Simulation pada materi pembiasan cahaya dapat membuat siswa lebih termotivasi dan semangat dalam belajar sehingga hasil belajar siswa lebih meningkat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Marzuki, S.Pd.I., M.Si 2. Fitriyawany, M. Pd
Uncontrolled Keywords: PhET Simulation, Pembiasan Cahaya, Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Wardah lai Wardah Wardah laila
Date Deposited: 25 Sep 2018 02:34
Last Modified: 25 Sep 2018 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4975

Actions (login required)

View Item
View Item