Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada Siswa SMA Negeri 1 Lhoknga

Safriana Putri, 261324626 (2018) Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada Siswa SMA Negeri 1 Lhoknga. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Safriana Putri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu pengetahuan dasar yang dipelajari dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Matematika memiliki peranan penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Siswa diharapkan dapat menguasai matematika. Kenyataannya, banyak siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi kesulitan siswa dalam mempelajari matematika dikelas yaitu melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) yang merupakan model pembelajaran yang menekankan pentingnya belajar efektif dan bermakna. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini (1) Apakah hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan model pembelajaran tipe Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional? (2) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Lhoknga? Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Lhoknga. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Random Sampling. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-IA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-IA1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data mengunakan tes dan observasi. Instrumen menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Sedangkan untuk analisis data digunakan uji-t. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa: Hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan model pembelajaran tipe Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional dan Model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Lhoknga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hafriani, M. Pd; 2. Kamarullah, S.Ag. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Safriana Putri
Date Deposited: 27 Sep 2018 03:39
Last Modified: 27 Sep 2018 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5007

Actions (login required)

View Item
View Item