Pengaruh Metode Latihan Berbantuan Media Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Teunom pada Materi Kesetimbangan Kimia

Muna warah, 140208122 (2018) Pengaruh Metode Latihan Berbantuan Media Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Teunom pada Materi Kesetimbangan Kimia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Latihan Berbatuan Media Ular Tangga]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Latihan Berbatuan Media Ular Tangga)
Muna Warah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Latihan Berbantuan Media Ular Tangga]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Latihan Berbantuan Media Ular Tangga)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (900kB) | Preview

Abstract

Mempelajari kimia seharusnya merupakan kegiatan yang menyenangkan, karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. akan tetapi apa yang diharapkan umumnya berbeda dengan kenyataan yang terjadi. Hal ini terjadi karena kurang menariknya siswa dalam belajar. Misalnya mempelajari kesetimbangan kimia selama ini umumnya siswa menganggap bahwa materi ini sulit dipahami karena selain konsepnya yang rumit, yang dikatakan dengan kimia tentu saja tidak pernah lepas dari perhitungan, terutama pada materi kesetimbangan kimia akan sangat banyak dijumpai dengan berbagai permasalahan yang terkait. Bagi siswa menjadikan ia susah mengubah pemikirannya, bahwa belajar materi kesetimbangan memang mengalami kesulitan. Oleh karena itu peneliti menawarkan solusi pemecahannya dengan mengaplikasikan metode latihan berbantuan media ular tangga. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah penerapan pembelajaran metode latihan berbantuan media ular tangga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Teunom pada materi kesetimbangan kimia? Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan pengambilan sampel secara sampling purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 7,14 >1,68. Sehingga terbukti bahwa ada pengaruh metode latihan berbantuan media ular tangga terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Teunom pada materi kesetimbangan kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Dr. Saifullah. M. Ag 2.Mukhlis. M. Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Latihan, Media Ular Tangga, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: ms muna warah
Date Deposited: 27 Sep 2018 04:26
Last Modified: 27 Sep 2018 04:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5017

Actions (login required)

View Item
View Item