Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X-IPA MAN Darussalam Aceh Besar

Uswatun Hasanah, 261121417 (2016) Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X-IPA MAN Darussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran CIRC dan Komunikasi Matematis]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran CIRC dan Komunikasi Matematis)
Uswatun Hasanah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (28MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran CIRC dan Komunikasi Matematis]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran CIRC dan Komunikasi Matematis)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (868kB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dikembangkan dalam pembelajaran matematika, karena kemampuan komunikasi merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika sekolah menengah yaitu mengarahkan siswa untuk mampu mengomunikasi masalah yang ada dalam matematika untuk memperjelas keadaan atau masalah tersebut. Namun kenyataaannya kemampuan ini sering terabaikan sehingga kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan ide-ide matematisnya masih sangat rendah. Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X IPA MAN Darussalam Aceh Besar melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-2 MAN Darussalam tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, masing-masing siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran pada umumnya aktif, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) adalah efektif, respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) adalah sangat positif. Kemampuan komunikasi matematis siswa: (1) kemampuan mengekspresikan ide-ide matematika melalui tulisan dari 48,89% meningkat menjadi 71,11%, (2) menggambarkan situasi masalah dan menyatakan solusi masalah dari 66,44% meningkat menjadi 86,67%, (3) menyelesaikan permasalahan berdasarkan aturan-aturan matematika persentase siswa mengalami penurunan dari 77,78% menjadi 77,04% tetapi masih berada pada taraf baik dan (4) membuat dan menuliskan kesimpulan dari permasalahan yang diberikan 31,11% menjadi 46,67%. Hasil belajar secara umum diperoleh nilai rata-rata pada siklus I adalah 66,59, pada siklus II meningkat menjadi 76,19 dengan ketuntasan belajar 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis kelas X IPA-2 MAN Darussalam Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Duskri, M. Kes 2. Drs. Syahjuzar, M. Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC), Komunikasi Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Uswatun Hasanah
Date Deposited: 28 Sep 2018 03:04
Last Modified: 03 Oct 2018 03:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5074

Actions (login required)

View Item
View Item