Keefektifan Metode Concept Sentence dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V MIN 10 Aceh Besar.

Zaitun Rahma, 201325081 (2018) Keefektifan Metode Concept Sentence dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V MIN 10 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Efektifitas Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Efektifitas Metode Pembelajaran)
Zaitun Rahma.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Efektifitas Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Efektifitas Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Menulis merupakan salah satu aspek terpenting dalam berbahasa. Proses menulis untuk menuangkan ide, pengetahuan dan juga perasaan bukanlah hal yang mudah. Sehingga keterampilan menulis siswa kelas V MIN 10 Aceh Besar masih tergolong rendah khususnya dalam menulis karangan deskripsi. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu kurangnya dalam penggunaan metode pembelajaran. Salah satu alternatif untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode yang sesuai dengan materi pelajaran, yaitu dengan menerapkan metode Concept Sentence. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan metode concept sentence yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V MIN 10 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan model one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 10 Aceh Besar, dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas V MIN 10 Aceh Besar sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini penulis mengambil sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh, karena sampling jenuh ini dilakukan apabila populasinya kurang dari 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penilitian ini menggunakan metode tes (pretest dan posttest). Dalam penelitian ini penulis menggunakan dua instrumen pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Analisis yang digunakan penulis dalam penelitian ini menggunakan uji-t, dengan kriteria jika nilai signifikan thitung ≥ ttabel, yaitu 0,43 < 22,8 maka Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode concept sentence dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V MIN 10 Aceh Besar sangatlah efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembingbing: 1. Dr. Mujiburrahman M.Ag. 2. Yuni Setia Ningsih M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Concept Sentence dan Menulis Karangan Deskripsi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zaitun Rahma
Date Deposited: 27 Sep 2018 03:07
Last Modified: 27 Sep 2018 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5093

Actions (login required)

View Item
View Item