Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh.

Rizal Fahmi, 201223456 (2018) Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Rizal Fahmi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (879kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MIS Lamgugob Banda Aceh pada pelajaran IPS di kelas IV peneliti mendapatkan informasi siswa kurang aktif dan kurang kreatif dalam mengikuti proses pembelajaran dan pembelajaran hanya berpusat pada guru. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan metode Pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini di lakasanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam pembelajaran IPS dengan penerapan metode pembelajaran tutor sebaya di kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan penerapan metode pembelajaran tutor sebaya di kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh. (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan penerapan metode pembelajaran tutor sebaya di kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (l) Observasi (2) Tes, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 2,86 dan meningkat pada siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 3,46. (2) aktifitas siswa pada siklus I yaitu 2,73 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 3,50. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67,50%, meningkat menjadi 82,50%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode Pembelajaran Tutor Seabaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas IVA MIS Lamgugob Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mawardi, M. Pd 2. Fajriah, M. A
Uncontrolled Keywords: Metode tutor sebaya, hasil belajar siswa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizal Fahmi
Date Deposited: 29 Sep 2018 07:41
Last Modified: 03 Oct 2018 05:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5115

Actions (login required)

View Item
View Item