Pengembangan Lembar Kerja siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII MTs

Nelly Mauzana, 261121469 (2016) Pengembangan Lembar Kerja siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Lembar Kerja Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Lembar Kerja Siswa)
Nelly Mauzana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Lembar Kerja Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Lembar Kerja Siswa)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (877kB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan yang terdapat dalam dunia pendidikan adalah masih terbatasnya bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam memperkaya pengalaman, membangun pengetahuan siswa dan menunjang kemampuan berpikir siswa untuk menemukan sendiri dalam menyelesaikan masalah matematika. Salah satu bahan ajar tersebu tadalah LKS berbasis pendekatan saintifik. Pertanyaan penelitian pada skripsi ini adalah Bagaimana pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Pendekatan Saintifik pada mata pelajaran matematika Kelas VIII terbaik dilakukan? Bagaimana kepraktisan LKS berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran matematika kelas VIII MTs yang dikembangkan? Bagaimana efektivitas LKS berbasis Pendekatan Saintifik pada mata pelajaran matematika kelas VIII MTs dikembangkan?. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar persamaan garis lurus berbentuk LKS berbasis pendekatan saintifik yang valid, praktis, dan efektif. Prosedur pengembangan yang digunakan mengikuti model pengembangan ADDIE yaitu tahap analisis (analysis) meliputi analisis kebutuhan dan analisis karakter siswa, tahap perencanaan (design) meliputi pengumpulan referensi, menyusun materi, melengkapi unsur-unsur LKS dan merancang tampilan, tahap pengembangan (development) meliputi pengembangan LKS awal, validasiahli dan revisi produk, tahap implementasi (implementation) meliputi penerapan produk (LKS) dalam pembelajaran matematika yang diikuti oleh 23 siswa kelas VIII-1 sebagai kelas uji coba dan mengisian angket respon siswa, dan tahap akhir adalah evaluasi (evaluation) meliputi evaluasi semua tahapan dan revisi kembali berdasarkan hasil evaluasi tersebut hingga mendapatkan produk akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi, observasi, angket, dan tes. Validasi dilakukan untuk mengetahui gambaran tentang kevalidan. Observasi dan pemberian angket dilakukan untuk mengetahui gambaran tentang kepraktisan, sedangkan efektifitas bisa digambarkan berdasarkan hasil test yang diberikan diakhir pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah (1) berdasarkan penilaian dari validator, bahan ajar yang disusun peneliti termasuk kategori sangat baik; (2) berdasarkan respon siswa serta pengamatan proses pembelajaran yang dilakukan secara langsung, bahan ajar LKS dapat dikatakan praktis untuk digunakan; (3) hasil belajar siswa pada tahap akhir pembelajaran rata-rata 82,60%, sehingga dapat disimpulkan LKS ini efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd; 2. Yassir, S.Pd.I., S.T., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan LKS, Pendekatan Saintifik, Valid, Praktis, dan Efektis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.8 Pelajaran Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nelly Mauzana
Date Deposited: 29 Sep 2018 08:00
Last Modified: 29 Sep 2018 08:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5143

Actions (login required)

View Item
View Item