Inovasi Media Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Simpang Ulim Aceh Timur

Rizayana, 211323820 (2018) Inovasi Media Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Simpang Ulim Aceh Timur. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Inovasi Media Pembelajaran PAI]
Preview
Text (Membahas tentang Inovasi Media Pembelajaran PAI)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Inovasi Media Pembelajaran PAI]
Preview
Text (Membahas tentang Inovasi Media Pembelajaran PAI)
Rizayana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam ( PAI) berupaya mengajarkan siswanya untuk dapat berbuat baik menjalan amanah kehidupan dari Allah. Beberapa studi yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam yang di selenggarakan di sekolah-sekolah di Indonesia pada umumnya dan khusus nya di Aceh memiliki masalah yang sama yakni minimnya metodologi dalam pembelajaran . Untuk itu lah perlu adanya inovasi dalam Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan media pembelajaran PAI. Diantara sekolah-sekolah yang ada di Aceh salah satunya SMAN 1 Simpang ulim Aceh Timur, memiliki masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam menggunakan media pembelajaran PAI di SMAN 1 simpang Ulim Aceh Timur, dan kendala apa saja yang di hadapi guru dalam penerapan media pembelajaran PAI guna kelancaran serta meningkatkan hasil belajar siswa di SMAN 1 Simpang Ulim Aceh timur.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan data dengan Observasi, angket dan tes kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa ditegaskan oleh guru bidang studi yang mengajar pembelajaran PAI untuk lebih memehami materi apa yang telah diajarkan sebelumnya, supaya mereka dapat meningkkatkan hasil belajar yang lebih baik kedepannya.(2) media atau model yang sering digunakan dalam pembelajaran PAI adalah model pembelajaran cerdas cermat.(3) Capaian hasil belajar siswa adalah dapat dikategorikan” baik” dengan nilai presentase 65%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. Hj.Raihan Putri.M.Pd 2.Abdul Haris Hasmar, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Inovasi Media Pembelajaran, Hasil belajar siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizayana
Date Deposited: 29 Sep 2018 07:31
Last Modified: 01 Oct 2018 08:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5151

Actions (login required)

View Item
View Item