Pengaruh Model Project Based Learning(PjBL) dengan Pemanfaatan Lingkungan Sekitar untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Tema Makanan Sehat Kelas V MIN 40 Aceh Besar

Rika Warzukni, 201325145 (2018) Pengaruh Model Project Based Learning(PjBL) dengan Pemanfaatan Lingkungan Sekitar untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Tema Makanan Sehat Kelas V MIN 40 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Model Project Based Learning(PjBL)]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Model Project Based Learning(PjBL))
Rika Warzukni.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Model Project Based Learning(PjBL)]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Model Project Based Learning(PjBL))
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (666kB) | Preview

Abstract

Meningkatnya kreativitas siswa dalam pembelajaran sangat dipengaruhi oleh model yang digunakan guru saat mengajarkan materi pembelajaran, dan jika pembelajaran tidak diiringi dengan kegiatan yang sesuai dengan materi pelajaran maka siswa jenuh dan bosan, sehingga mengakibatkan suasana kelas yang pasif dan siswa menjadi tidak kreatif. Model Project based laerning (PjBL) merupakan salah satu model pembelajaran di mana siswa diajak menciptakan sebuah project yang berhubungan dengan tema yang sedang dipelajari dan mencoba mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari yang akrab dengan siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kreativitas siswa dengan penerapan model project based learning dengan pemanfaatan pada tema makanan sehat di kelas V MIN 40 Aceh Besar. (2) untuk mengetahui respon siswa kelas V MIN 40 Aceh Besar pada tema makanan sehat dengan menggunakan model project based learning dan pemanfaatan lingkungan sekitar. Rancangan penelitian ini adalah PreExperimental Design dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 40 Aceh Besar, dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas V berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model Project Based Learning (PjBL)dengan pemanfaatan lingkungan sekitar tidak dapat meningkatkan kreativitas siswa pada tema makanan sehat di MIN 40 Aceh Besar, dengan thitung < ttabel, yaitu 0,031< 1,171. (2) Hasil analisis angket respon siswa memperoleh nilai rata-rata 3,63, dengan kategori positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning tidak dapat meningkatkan kreativitas siswa karena siswa belum terbiasa dengan model project based learning (PjBL) dan siswa sulit dalam percobaan dan pengumpulan data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Azhar, M. Pd 2. Daniah, S. Si,. M. Pd
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning ( PjBL), Kreativitas Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rika Warzukni
Date Deposited: 02 Oct 2018 09:55
Last Modified: 02 Oct 2018 09:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5154

Actions (login required)

View Item
View Item