Penggunaan Media Balok untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5–6 Tahun di PAUD Ibnu Sina Barabung Aceh Besar

Murhamah, 140210019 (2018) Penggunaan Media Balok untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5–6 Tahun di PAUD Ibnu Sina Barabung Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Murhamah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (773kB) | Preview

Abstract

Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang harus dikembangkan dengan prinsip belajar sambil bermain dan menggunakan media tertentu yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Namun kenyataannya di PAUD Ibnu Sina belum menggunakan prinsip tersebut dan media tertentu dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif (daya pikir dan pemecahan masalah) pada anak usia 5 – 6 Tahun dengan menggunakan media balok di PAUD Ibnu Sina Barabung Aceh Besar. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah apakah penggunaan media balok dapat berpengaruh terhadap kemampuan kognitif (daya pikir dan pemecahan masalah) anak di PAUD Ibnu Sina Barabung Aceh Besar? Apakah penggunaan media balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif (daya pikir dan pemecahan masalah) anak di PAUD Ibnu Sina Barabung Aceh Besar?. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 8 orang anak, 5 orang anak laki-laki dan 3 orang anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Data tentang kemampuan kognitif anak dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan uji statistik Uji-T untuk menguji perbedaan hasil belajar anak. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan dengan menggunakan statistik Uji-T, pada kemampuan kognitif (daya pikir) anak diperoleh thitung > ttabel yaitu 28,15 > 2,365. Sedangkan kemampuan kognitif (pemecahan masalah) anak diperoleh thitung > ttabel yaitu 21,72 > 2,365. Dengan demikian bahwa hasil pengujian pada kedua kategori di atas terjadi penolakan Ho dan penerimaan Ha. Artinya penggunaan media balok dapat berpengaruh terhadap kemampuan kognitif (daya pikir dan pemecahan masalah) anak. Penggunaan media balok juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif (daya pikir) anak dibuktikan bahwa tes awal dengan nilai rata-rata sebesar 33,25 dan tes akhir dengan nilai rata-rata sebesar 89,62. Sedangkan kemampuan kognitif (pemecahan masalah) anak dibuktikan bahwa tes awal dengan nilai rata-rata sebesar 33,25 dan tes akhir dengan nilai rata-rata sebesar 91,12. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media balok dapat berpengaruh dan meningkat terhadap kemampuan kognitif (daya pikir dan pemecahan masalah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Uce, S. Ag, M. Ag 2. Muthmainnah, MA
Uncontrolled Keywords: Media Balok, Daya Pikir, Pemecahan Masalah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Murhamah -
Date Deposited: 02 Oct 2018 09:39
Last Modified: 02 Oct 2018 09:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5163

Actions (login required)

View Item
View Item