Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Himpunan di Kelas VII MtsS Ulumul Qur’an Pagar Air

Rahma Diana Fitri, 260818244 (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Himpunan di Kelas VII MtsS Ulumul Qur’an Pagar Air. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran Kooperatif]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran Kooperatif)
Rahma Diana Fitri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran Kooperatif]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran Kooperatif)
From B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan dalam proses belajar tidak hanya terletak pada kecintaan siswa terhadap materi, bahkan juga kepada guru. Selain dari itu, potensi mengajar seorang guru juga ikut serta mempengaruhi keberhasilan dalam pembelajaran. Proses pemberian materi pada pembelajaran matematika dilakukan secara bertahap dan saling bersinambung antara satu materi dengan materi berikutnya. Hal ini dikarenakan matematika bersifat sistematis. Himpunan merupakan suatu materi matematika yang diajarkan pada tingkat sekolah menengah pertama. Namun kenyataannya banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari materi himpunan. Untuk membantu meningkatkan pemahaman konsep pada suatu materi khususnya pada materi himpunan, maka perlu kiranya diterapkan suatu model pembelajaran berbentuk kooperatif. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe script. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa jika diterapkan model kooperatif script pada materi operasi himpunan, (2) untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe script pada materi pada materi operasi himpunan untuk siswa kelas VII MTsS Ulumul Qur’an Pagar Air. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Ulumul Qur’an. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VII-A MTsS Ulumul Qur’an yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen. Sampel ini diperoleh setelah melakukan wawancara dengan guru bidang studi matematika di kelas VII MTsS Ulumul Qur’an. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Sedangkan pengolahan data menggunakan persentase dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara secara klasikal (86,1%) dinyatakan tuntas, dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe script dapat peningkatan hasil belajar siswa di kelas VII-A MTsS Ulumul Qur’an. Hal ini berdasarkan hasil pengolahan data yang dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α=0,05 diperoleh t_(hitung )>t_tabel yaitu 2,14 > 1,68. Maka dengan demikian Ho diterima sehingga dapat disimpulkan penerapan model kooperatif script dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 10 poin pada materi operasi himpunan di kelas VII-A Ulumul Qur’an Pagar Air.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. H. Adnan Ismail M.Pd 2. Kamarullah M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Materi Himpunan, Tipe Script
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rahma Diana Fitri
Date Deposited: 02 Oct 2018 10:41
Last Modified: 02 Oct 2018 10:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5165

Actions (login required)

View Item
View Item