Penggunaan Media Peta Konsep dan Kartu Bergambar pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di MTsS Seulimeum Aceh Besar

Ellissa Al Nisrina, 281223155 (2017) Penggunaan Media Peta Konsep dan Kartu Bergambar pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di MTsS Seulimeum Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas media peta konsep dan kartu bergambar]
Preview
Text (Membahas media peta konsep dan kartu bergambar)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran IPA disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran. Mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan berbagai media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang disampaikan sehingga hasil belajar dan aktivitas siswa dapat ditingkatkan.Salah satunya dengan penerapan media peta konsep dan kartu bergambar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan menggunakan media peta konsep dan kartu bergambar.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen atau eksperimen semu dengan desain penelitian One Group Pre-test and Post-test Design.Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTsS Seulimeumyang berjumlah 2 kelas dengan sampel siswa kelas VIIadengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun kriteria kelas yang dijadikan sampel adalah kelas yang aktivitas dan hasil belajarnya lebih rendah dibandingkan kelas lain.Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (16,99 > 1,71) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, sedangkan hasil analisis aktivitas siswa menunjukkan bahwa aktivitas siswa tergolong aktif yaitu 70,84% pada pertemuan pertamadan 74,87% pada pertemuan kedua. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media peta konsep dan kartu bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTsS Seulimeum pada materi klasifikasi makhluk hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Lina Rahmawati, M. Si; NIP.1975052719977032003 2.Eriawati M. Pd; NIP.198111262009102003
Uncontrolled Keywords: Peta Konsep, Kartu Bergambar, Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 590 Animals (Ilmu Hewan, Ilmu Binatang)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: ellissa al nisrina
Date Deposited: 05 Sep 2017 09:26
Last Modified: 05 Sep 2017 09:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item
View Item