Penerapan Multi Media untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 22 Aceh Besar

Teya Faza Fazila, 140209002 (2018) Penerapan Multi Media untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 22 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Pembelajaran)
Teya Faza Fazila.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (354kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media yang tepat dalam pengajaran akan menimbulkan motivasi belajar yang tepa bagi siswa untuk menyerap dan melaksanakan apa yang telah disimpulkan oleh guru. Namun kenyataaannya, pembelajaran IPS yang selama ini dilaksanakan di madrasah ternyata masih sangat abstrak penyampaian pembelajarannya. Siswa merasa yang dipelajarinya kurang bermanfaat dalam kehidupan sehingga siswa merasa terpaksa untuk mempelajari sesuatu yang berada di luar jangkauan daya pikirnya. Sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran yang baik, sehingga dapat mengubah sikap siswa yang sebelumnya mengganggap IPS itu sulit untuk dipelajari menjadi lebih mudah dipelajari dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan menerapkan multi media untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIN 22 Aceh Besar yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembaran tes, lembaran observasi dan angket. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Multi Media untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 22 Aceh Besar mengalami peningkatan. Hasil pengamatan aktivitas guru dengan skor yang diperoleh pada siklus I yaitu 4 dengan kategori sangat baik dan skor pada siklus II yaitu 4 dengan kategori sangat baik. Hasil pengamatan aktivitas siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan, yaitu 3,8 dengan kategori sangat baik pada siklus I dan pada siklus II yaitu 3,9 dengan kategori sangat baik. Hasil tes pada siklus I ini hanya 13 siswa (65%) yang mencapai ketuntasan individual. Jika dilihat ketuntasan secara klasikal pada siklus ini juga belum tuntas karena terdapat 7 siswa (35%) belum tuntas dan pada siklus II sebanyak 18 siswa (90%) sudah tuntas dan 2 siswa belum tuntas. Dengan demikian penerapan Multi Media dapat meningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Saifullah, M.Ag; 2. Yuni Setia Ningsih, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Multi Media
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Teya Faza Fazila
Date Deposited: 02 Oct 2018 09:25
Last Modified: 02 Oct 2018 09:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5186

Actions (login required)

View Item
View Item