Model Supervisi Klinis dalam Pembentukan Kompetensi Pedagogik Guru di SMPN 1 Kembang Tanjong

Laili Fajri, 271324741 (2018) Model Supervisi Klinis dalam Pembentukan Kompetensi Pedagogik Guru di SMPN 1 Kembang Tanjong. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pedagogik Guru]
Preview
Text (Membahas tentang Pedagogik Guru)
Laili Fajri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pedagogik Guru]
Preview
Text (Membahas tentang Pedagogik Guru)
Form B dan D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (956kB) | Preview

Abstract

Supervisi klinis merupakan salah satu program penting yang harus dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam membina guru untuk pembentukan kompetensi pedagogik. Faktanya kepala sekolah maupun guru masih salah dalam mengartikan tujuan dan sifat dari supervisi klinis ini, kegiatan supervisi tidak dilakukan untuk mencari-cari kesalahan guru akan tetapi kegiatan pembinaan ini dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru. kompetensi pedagogik kemampuan guru dalam mengelola proses. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui upaya dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru di SMPN 1 Kembang Tanjong, dan untuk mengetahui hambatan dan solusi dalam supervisi klinis untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMPN 1 Kembang Tanjong. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan dua orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan teknik kualitatif miles dan huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru yaitu: mengadakan workshop, penataran guru, memotivasi guru dalam membuat karya ilmiah, memberi reward, mengadakan supervisi. Hambatan yang dihadapikepala sekolah kurangnya waktu dalam melaksanakan supervisi klinis terhadap guru, dan masih ada sarana yang belum memadai dalam melaksanakan proses pembelajaran terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Mujiburrahman,M.Ag; 2. Dr. Sri Rahmi. MA
Uncontrolled Keywords: Supervisi Klinis, Kompentensi Pedagogik Guru
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Depositing User: Laili Fajri
Date Deposited: 02 Oct 2018 10:39
Last Modified: 02 Oct 2018 10:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5191

Actions (login required)

View Item
View Item