Penerapan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia Kelas X di SMA N 5 Banda Aceh

Salihin, 291121634 (2017) Penerapan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia Kelas X di SMA N 5 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Salihin.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (182kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan pendekatan problem posing pada pembelajaran materi ikatan kimia di kelas X SMA N 5 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui ativitas siswa dalam penerapan pendekatan problem posing (2) untuk mengetahui hasil belajar perserta didik dengan menggunakan penerapan pendekatan problem posing (3) untuk mengetahui respon perserta didik yang diajarkan dengan penerapan pendekatan problem posing pada materi ikatan kimia di kelas X SMA N 5 Banda Aceh. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan penerapan pendekatan problem posing. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah perserta didik X1 tahun ajaran 2016/ 2017 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 perserta didik, dan perserta didik X2 tahun ajaran 2016/ 2017 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 perserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik test “ t pihak kanan”. Dari hasil penelitian diperoleh: (1) Aktivitas siswa yang dilakukan selama kegiatan belajar dengan penerapan pendekatan problem posing memperoleh nilai yang sangat tinggi dengan nilai rata-rata dari kedua pengamat 95% tergolong dari katagori sangat tinggi. (2) Hasil belajar perserta didik yang diajarkan dengan penerapan pendekatan problem posing lebih baik dalam pembelajaran kimia pada materi ikatan kimia. Hal ini dibuktikan dengan uji-t yang diterima didapat berupa thitung atau ≥ ttabel atau 9,96 ≥ maka HO ditolak majadi dan penerimaan Ha.(3) Respon siswa setelah diterapkan penerapan problem posing memperoleh nilai dengan katagori (ya) sangat setuju 98,80% dan dengan katagori tidak setuju adalah 1,19%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwahasil belajar siswa lebih tinggi pada materi ikatan kimia dengan penerapan pendekatan problem posing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Hilmi, M.Ed 2. Sabarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Problem Posing, Ikatan Kimia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Salihin -
Date Deposited: 03 Oct 2018 04:21
Last Modified: 03 Oct 2018 04:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5228

Actions (login required)

View Item
View Item