Penggunaan Media Realia dan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MAN 2 Pidie pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Liliana Murida, 281324821 (2018) Penggunaan Media Realia dan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MAN 2 Pidie pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Media Gambar]
Preview
Text (Membahas tentang Media Gambar)
Liliana Murida.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Media Gambar]
Preview
Text (Membahas tentang Media Gambar)
Form B dan From D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (572kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa adalah penggunaan media pembelajaran yang belum sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan media realia dan media gambar pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di MAN 2 Pidie. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Pre-eksperimen dengan bentuk Design One Group Pretest–Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Pidie yang terdiri dari 4 kelas yaitu: IPA1, IPA2, IPA3, dan IPA4. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA3 yang berjumlah 30 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan instrumen tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama 75,5% dengan kategori aktif, dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua 90,51% dan pertemuan ketiga 96,41 dengan kategori sangat aktif. Penelitian hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pretest yaitu 29,33 dan nilai rata-rata posttest yaitu 71,5. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung ≥ ttabel (thitung = 14,10 dan ttabel = 1,70), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media realia dan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Anton Widyanto, M. Ag; 2. Nafisah Hanim, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Media Realia, Media Gambar, Aktivitas, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Liliana Murida
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:40
Last Modified: 04 Oct 2018 03:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5259

Actions (login required)

View Item
View Item