Pengembangan Panduan Praktikum Asam Basa dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal di SMA Negeri 2 Sigli

Ernaliza, 140208163 (2018) Pengembangan Panduan Praktikum Asam Basa dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal di SMA Negeri 2 Sigli. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengembangan Panduan Praktikum Asam Basa]
Preview
Text (Membahas tentang Pengembangan Panduan Praktikum Asam Basa)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (601kB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengembangan Panduan Praktikum Asam Basa]
Preview
Text (Membahas tentang Pengembangan Panduan Praktikum Asam Basa)
Ernaliza.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kearifan lokal adalah pandangan hidup dan ilmu pengetahuan serta berbagai strategi kehidupan yang berwujud aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat lokal dalam menjawab berbagai masalah, kearifan lokal dapat diintegrasikan dalam panduan praktikum sebagai media pembelajaran. Di SMA Negeri 2 Sigli tidak tersedia panduan praktikum dan sebagian besar peserta didik belum mampu menghubungkan antara materi yang dipelajari dengan bagaimana pemanfaatannya dalam kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan panduan praktikum asam basa dengan mengintegrasikan kearifan lokal di SMA Negeri 2 Sigli. Untuk mengetahui respon guru terhadap panduan praktikum asam basa dengan mengintegrasikan kearifan lokal di SMA Negeri 2 Sigli. Untuk mengetahui respon siswa terhadap panduan praktikum asam basa dengan mengintegrasikan kearifan lokal di SMA Negeri 2 Sigli. Metode yang digunakan Research and Development (R&D) dengan model sugiono dan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui lembar validasi dan angket kemudian data dianalisis dengan presentase. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata dari hasil validasi tim ahli yaitu 88,33%, hasil respon guru diperoleh rata-rata presentase 80%, hasil akhir angket respon siswa diperoleh skor rata-rata 91%. Dapat disimpulkan jumlah presentase oleh Tim Ahli dengan kriteria sangat valid. Respon guru dan siswa dinyatakan dengan kriteria sangat tertarik.
Ernaliza

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Azhar Amsal, M.Pd 2.Haris Munandar, M.Pd
Uncontrolled Keywords: panduan praktikum, materi asam basa, mengintegrasikan, kearifan lokal
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ernaliza
Date Deposited: 08 Oct 2018 10:38
Last Modified: 08 Oct 2018 10:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5265

Actions (login required)

View Item
View Item