Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Lurus Beraturan di MTsS Darul ‘Ulum Banda Aceh.

Sasri Mayasari, 251222799 (2017) Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Lurus Beraturan di MTsS Darul ‘Ulum Banda Aceh. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa]
Preview
Text (Membahas Tentang Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa)
Sasri Mayasari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Ilmu Fisika adalah suatu ilmu pengetahuan yang di dalamnya mempelajari tentang sifat dan fenomena alam atau gejala alam serta seluruh interaksi yang ada di dalamnya. Salah satunya gerakan kereta api yang melintasi rel, yang merupakan
salah satu contoh dari pembelajaran fisika pada materi Gerak Lurus Beraturan. Gerak Lurus Beraturan adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan kecepatan konstan. Keterbatasan fasilitas merupakan kendala utama keterampilan proses dalam pembelajaran, pembelajaran tidak dapat berlangsung secara optimal dan pada akhirnya berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu alternatif yang
dapat digunakan dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan media Audio Visual, maka telah dilakukan penelitian tentang penggunaan media Audio Visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Gerak Lurus Beraturan (GLB) di
MTsS Darul ‘Ulum Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Audio Visual pada materi Gerak Lurus Beraturan (GLB) di MTsS Darul ‘Ulum Banda Aceh. Jenis
penelitian ini adalah Quasi Eksperimental. Instrumen yang digunakan yaitu tes dalam bentuk soal pilihan ganda. Berdasarkan analisis data tentang penggunaan media Audio Visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Gerak Lurus Beraturan (GLB) di MTsS Darul ‘Ulum Banda Aceh, diperoleh skor rata-rata posttest kelas eksperimen 80,64, dan skor rata-rata posttest pada kelas kontrol 72,38.
Hasil uji statistik menunjukkan bahwa thitung 3,08 > ttabel 1,68, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi Gerak Lurus Beraturan (GLB) di MTsS Darul ‘Ulum Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Pembimbing I : Lina Rahmawati, M. S.i Pembimbing II : Jufprisal, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, hasil belajar, Gerak Lurus Beraturan.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 24 Oct 2018 01:51
Last Modified: 24 Oct 2018 01:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5269

Actions (login required)

View Item
View Item