Penerapan Model Cooperative Type: The Power Of Two untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Min Miruek Aceh Besar

Rizkiani, 201223392 (2017) Penerapan Model Cooperative Type: The Power Of Two untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Min Miruek Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membaas tentang Penerapan Model Cooperative Type: The Power Of Two]
Preview
Text (Membaas tentang Penerapan Model Cooperative Type: The Power Of Two)
Rizkiani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penggunaan Model Cooperative Type: The Power Of Two cocok diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi membaca intensif, karena peserta didik dituntut untuk menyelesaikan permasalahan sendiri maupun dengan temannya dan melatih siswa mengeluarkan pendapat sendiri. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana aktivitas guru dan siswa terhadap penerapan model cooperative type: the power of two, dan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sebagaimana tersebut diatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam penerapan model cooperative type: the power of two. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Miruek Aceh Besar yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi untuk guru dan untuk siswa, serta tes berupa soal pre-test (tes awal) dan post-test (tes akhir). Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru siklus I sudah mencapai kategori cukup dengan skor persentase 62%, disiklus II mengalami peningkatan menjadi 69% dengan kategori baik, kemudian disiklus III lebih meningkat dengan kategori baik sekali jumlah skor persentase mencapai 82%. Sedangkan aktivitas siswa siklus I hanya dengan mencapai 58% dengan kategori cukup, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 67% dengan kategori baik. Kemudian pada siklus III lebih meningkat dengan kategori baik sekali jumlah skor persentase mencapai 82%. Sedangkan hasil belajar siswa siklus I hanya dengan 19 siswa yang tuntas dengan nilai 53 %, dan tidak tuntas 17 siswa 47%. Sedangkan siklus II mengalami peningkatan yaitu 25 siswa yang tuntas dengan nilai 69%, dan tidak tuntas 11 siswa 31 %. selanjutnya siklus III lebih meningkat yaitu 33 siswa yang tuntas dengan nilai 92%, dan 3 siswa tidak tuntas 8%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui model Cooperative Type: The Power of Two dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Pembimbing I : Drs. Ridwan M. Daud, M.Ed. Pembimbing II : Andriansyah, M.S.Ed.
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Type,The Power of Two,meningkatkan hasil belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 04 Oct 2018 10:06
Last Modified: 04 Oct 2018 10:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5274

Actions (login required)

View Item
View Item