Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 1 Darussalam

Vina Yulianda, 261324676 (2018) Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 1 Darussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Vira Yulianda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (203kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, baik permasalahan matematika maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Namun pada kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematika masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya yaitu model pembelajaran kurang dapat mengoptimalkan berkembangnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Problem Based Learning dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah melalui menyelesaikan masalah. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diajarkan model pembelajaran Problem Based Learning? (2) bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional SMP Negeri 1 Darussalam?. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperiment dengan desain pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Darussalam dan sampelnya kelas VIII3 dan kelas VIII4 yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu, yaitu berdasarkan pertimbangan apabila populasi tidak terdiri dari individu-individu, melainkan terdiri dari kelompok-kelompok individu (cluster). Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan (1) thitung =13,74 dan ttabel =1,71 atau t_hitung>t_tabel sehingga terima H1 yang disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) berdasarkan uji-t hipotesis kedua, maka diperoleh thitung = 2,279 dan t(tabel) = 1,67 atau thitung > t(tabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi statistika SMP Negeri 1 Darussalam..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. Munirwan Umar,M.Pd. 2.Novi Trina Sari,S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Vira Yulianda
Date Deposited: 05 Oct 2018 00:33
Last Modified: 05 Oct 2018 00:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5300

Actions (login required)

View Item
View Item