Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Berbantu Media Word Square terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kimia Unsur di SMA Negeri 1 Labuhanhaji Timur

Maulida, 140208081 (2018) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Berbantu Media Word Square terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kimia Unsur di SMA Negeri 1 Labuhanhaji Timur. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Maulida.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak siswa yang menganggap mata pelajaran kimia sangat sulit untuk di pahami dan sangat membosankan, sehingga banyak siswa belum mencapai KKM yang telah ditetapkan pada materi kimia unsur yaitu 80. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah salah satu model yang bersifat student centered sehingga dapat membantu siswa belajar secara aktif dan mandiri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang di belajarkan menggunakan model pembelajaran dan tidak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media Word Square pada materi kimia unsur di SMA Negeri 1 labuhanhaji timur. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian soal pretest dan posttest dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan perolehan persentase rata-rata nilai N-Gain pada kelas eksperimen 73,88% kategori tinggi, kelas kontrol 47,30% kategori sedang. Hasil uji normalitas dan homogenitas menyatakan bahwa sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol berasal dari populasi yang homogen dan berdistribusi normal. Hasil uji t dua sampel independen diperoleh 0,000 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa lebih efektif jika di terapkan model pembelajaran daripada tanpa diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media Word Square.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Nurbayani, M.A 2. Safrijal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Problem Based Learning (PBL), Word Square, Hasil belajar, Kimia unsur
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Maulida -
Date Deposited: 08 Oct 2018 10:34
Last Modified: 08 Oct 2018 10:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5318

Actions (login required)

View Item
View Item