Pengembangan Modul Praktikum Mata Kuliah Kimia Dasar pada Materi Laju Reaksi di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry

Sri Wahyuni, 140208055 (2018) Pengembangan Modul Praktikum Mata Kuliah Kimia Dasar pada Materi Laju Reaksi di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengembangan  Modul]
Preview
Text (Membahas tentang Pengembangan Modul)
Sri Wahyuni.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengembangan  Modul]
Preview
Text (Membahas tentang Pengembangan Modul)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (456kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada modul praktikum di prodi pendidikan kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry adalah tidak terdapat referensi dan bahan yang digunakan terkadang tidak sesuai dengan modul praktikum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan modul praktikum yang dikembangkan, respon mahasiswa dan pembimbing praktikum terhadap modul praktikum yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, angket mahasiswa dan angket pembimbing praktikum. Sebelum dilakukan uji coba lapangan, modul praktikum divalidasi oleh ahli untuk mengetahui kekurangan modul praktikum tersebut, selanjutnya direvisi dan diuji cobakan kepada kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata yang diperoleh dari validator sebesar 77,63%, ini menunjukkan bahwa modul praktikum dapat digunakan dengan kriteria valid. Persentase yang diperoleh dari respon mahasiswa uji kelompok kecil yaitu 60,44% sangat setuju, 37,36% setuju, dan 2,20% ragu-ragu, sedangkan persentase uji coba kelompok besar yaitu 74,78% sangat setuju, 19,23% setuju dan 5,98% ragu-ragu. Persentase dari pembimbing praktikum 73,33% sangat setuju dan 26,67% setuju, hal ini juga menunjukkan bahwa modul praktikum yang dikembangkan dapat digunakan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Azhar Amsal, M.Pd 2.Dr. Hilmi, M.Ed
Uncontrolled Keywords: pengembangan modul praktikum, laju reaksi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Sri Wahyuni
Date Deposited: 15 Oct 2018 03:21
Last Modified: 15 Oct 2018 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5319

Actions (login required)

View Item
View Item