Pengaruh Model Pembelajaran the Learning Cell terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon di SMA Negeri 1 Gunung Meriah Aceh Singkil

Iwan Syahputra, 140208072 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran the Learning Cell terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon di SMA Negeri 1 Gunung Meriah Aceh Singkil. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Iwan Syahputra.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (170kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini bahwa masih banyak peserta didik yang masih sulit memahami materi kimia khususnya materi hidrokarbon, untuk mengatasi masalah pembelajaran kimia tersebut digunakan model pembelajaran the learning cell. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran kimia pada materi hidrokarbon dengan menggunakan model the learning cell di SMA Negeri 1 Gunung Meriah Aceh Singkil, untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran the learning cell terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon di SMA Negeri 1 Gunung Meriah Aceh Singkil dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran kimia pada materi hidrokarbon dengan menggunakan model the learning cell di SMA Negeri 1 Gunung Meriah Aceh Singkil. Jenis metode penelitian ini yaitu pre-eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test design. Instrumen yang digunakan adalah lembar aktivitas siswa, soal pre-test dan post-test serta lembar angket. Rata-rata persentase hasil observasi aktivitas siswa sebesar 95,87% dan 96,87% berkategori sangat tinggi. Hasil belajar siswa diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran the learning cell terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon di SMA Negeri 1 Gunung Meriah Aceh Singkil. Persentase respon siswa yang menjawab Ya yaitu 61,66% berkriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Mujakir, M.Pd, Si 2. Rusydi, ST, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Learning Cell, Hasil Belajar, Hidrokarbon
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Iwan Syahputra
Date Deposited: 19 Oct 2018 04:10
Last Modified: 19 Oct 2018 04:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5333

Actions (login required)

View Item
View Item