Ta'limul Insyak Al Muwajjah Watathawwuruhu Lisshafil Khamsi bil Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Alhukumiyah 20 Aceh Besar

Husna Abidah, 140202057 (2018) Ta'limul Insyak Al Muwajjah Watathawwuruhu Lisshafil Khamsi bil Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Alhukumiyah 20 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengajaran Insyak Al Muwajjah]
Preview
Text (Membahas tentang Pengajaran Insyak Al Muwajjah)
Husna Abidah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengajaran Insyak Al Muwajjah]
Preview
Text (Membahas tentang Pengajaran Insyak Al Muwajjah)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menulis adalah media dari beberapa media komunikasi dan ia juga sarana untuk mengungkapkan apa yang terjadi pada diri seseorang dan untuk mengungkapkan apa yang terlintas di pikiran. Dan menulis juga salahsatu ranah untuk menumbuhkan kesenangan siswa dibidang sastra dan ia juga instrumen dari beberapa instrumen evaluasi yang berjenis tes tulisan. Dan insyak adalah bagian dari ketrampilan menulis yang menghasilkan sebuah karya tulisan. Dan pembelajaran insyak diterapkan pada setiap tingkatan pendidikan dan begitu pula pada madrasah ibtidaiyah. Seperti yang peneliti ketahui bahwasanya pembelajaran insyak itu belum diterapkan pada seluruh tingkatan sekolah dasar melainkan hanya sebagian saja. Dan tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran insyak muwajjah dan perkembangannya pada kelas V di MIN 20 Aceh Besar dan untuk mengetahui sejauhmana kemampuan siswa dalam pembelajaran insyak muwajjah pada kelas V di MIN 20 Aceh Besar. Dan metode penelitian yang peniti fokuskan dalam penulisan karya ilmiah ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif atau Mix Method. Dan sampel penelitian dari penelitian ini peneliti memilih guru Bahasa Arab dan siswa kelas V di MIN 20 Aceh Besar yang juga belajar Bahasa Arab, dan peneliti memilih kelas V/4 dan siswanya berjumlah 43 siswa. Dan hasil penelitian dari karya ilmiah ini adalah bahwasanya proses pembelajaran insyak muajjah dengan K-13 efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami struktur atau pola kalimat. Dan guru juga sudah menggunakan metode yang bervariasi dalam mengajar, serta sudah mengembangkan kemampuannya dalam mengajar dari segi RPP, media pembelajaran dan metode – metode yang digunakannya. Dan dari paparan hasil pengujian tes bahwa rata – rata siswi berjumlah 79,2 sementara rata – rata siswa berjumlah 74,3 dan jika ditinjau dari segi KKM yang telah ditetapkan oleh peneliti bahwa nilai rata – rata dari keduanya berada pada posisi 60-79 yang berarti baik sekali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dra. Tri Qurnati M.Ag 2.Salma Hayati S.Ag Med
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Insyak Muwajjah dan Perkembangannya, Insyak Muwajjah pada Tingkat Sekolah Dasar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Husna Abidah
Date Deposited: 19 Oct 2018 04:28
Last Modified: 19 Oct 2018 04:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5339

Actions (login required)

View Item
View Item