Kefektifan Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle dengan Media Video Scribe terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi di SMAN 1 Bakongan

Nova Safrida, 140208030 (2018) Kefektifan Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle dengan Media Video Scribe terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi di SMAN 1 Bakongan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran Learning Cycle]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Learning Cycle)
Nova Safrida.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran Learning Cycle]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Learning Cycle)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (544kB) | Preview

Abstract

Kimia merupakan salah satu pelajaran yang eksakta yang berhubungan dengan operasi matematika, siswa merasa kesulitan dalam materi laju reaksi disebabkan pemilihan model dan metode kurang tepat sehingga berdampak buruk terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran learning cycle 7E dengan media video scribe terhadap hasil belajar pada materi laju reaksi di SMAN 1 Bakongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, rancangan yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 dengan jumlah masing-masing kelas 25 orang. Teknik pengumpulan data ini menggunakan tes dan angket, pemberian tes berbentuk multiple choise. Hasil analisis uji normalitas (2-tailed) nilai signifikan adalah 0,741, nilai signifikan uji homogenitas adalah 0,114, uji N-Gain kelas eksperimen adalah 0,7 dan kelas kontrol adalah 0,5, serta nilai signifikan pengujian hipotesis 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E dengan media video scribe dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E dengan media video scribe di SMAN 1 Bakongan. Hasil respon siswa 77,3% yang mengindikasikan bahwa siswa tertarik belajar dengan pembelajaran learning cycle 7E dengan media video scribe pada materi laju reaksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Muammar Yulian, M.Si 2. Mellyzar, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Learning Cycle,Video Scribe,Laju Reaksi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Nova Safrida
Date Deposited: 10 Oct 2018 02:55
Last Modified: 10 Oct 2018 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5348

Actions (login required)

View Item
View Item