Pengaruh Model Mastery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa di MAS Babun Najah Banda Aceh

Rahmatita, 140208060 (2018) Pengaruh Model Mastery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa di MAS Babun Najah Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Rahmatita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (332kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di MAS Babun Najah menunjukkan bahwa hasil belajar pada materi tata nama senyawa belum seluruhnya mencapai batas ketuntasan yang telah ditetapkan sekolah. Salah satu penyebabnya adalah cara yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan sangat jarang menggunakan model pembelajaran, akibatnya siswa menjadi pasif dan berpengaruh pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model mastery learning terhadap hasil belajar siswa di MAS babun najah. Rancangan penelitian adalah pra eksperimen dengan design the one shot case study, Sampel adalah siswa kelas X MIPA 1, yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk multiple choice. Analisis data menggunakan uji-t, pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis diperoleh bahwa nilai rata-rata siswa adalah 80,63 dan standar deviasi 8,94. dan didapatkan nilai thitung adalah 3,449. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 3,449 > 1,699. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model mastery learning pada materi tata nama senyawa di MAS babun najah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Ir. Amna Emda, M.Pd 2. Mellyzar, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Mastery Learning, Hasil Belajar, Tata Nama Senyawa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Rahmatita -
Date Deposited: 15 Oct 2018 13:53
Last Modified: 15 Oct 2018 13:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5358

Actions (login required)

View Item
View Item