Adek Sartinawati, 27222973 (2017) Pengelolaan Kelas Guru Bimbingan Konseling dan Guru mata Pelajaran di SMA N I Bakongan Timur, Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.
Adek Sartinawati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (748kB) | Preview
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (155kB) | Preview
Abstract
Menurut observasi awal penulis, di SMA Negeri I Bakongan Timur terdapat beberapa masalah yang dialami oleh guru dan siswa, ketika berlangsungnya pembelajaran seperti keributan sesama siswa, ejekan terhadap kawannya sendiri, melontarkan kata-kata yang dapat menganggu temannya yang sedang belajar. Dan ketika guru sedang menjelaskan materi pelajaran di depan siswa-siswa ini tidak memperhatikan guru mareka sibuk sendiri dan saling mengganggu satu sama lain.Peristiwa seperti ini dapat mempengaruhi suasana pembelajaran dikelas. Untuk memecahkan masalahan seperti ini guru dituntut mampu mengelola kelas untuk mengembali suasana belajar seperti semula agar tercapai proses belajar mengajar yang efektif dan efesien.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengelolaan kelas,apa saja faktor yang mempengaruhi pengelolaan kelas, dan hambatan dalam pengelolaan kelas guru bimbingan konseling dan guru mata pelajaran di SMA Negeri I Bakongan Timur. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengelolaan kelas, faktor dan hambatan dalam pengelolaan kelas guru bimbingan konseling dan guru mata pelajaran di SMA negeri 1 Bakongan Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis melalui deskriptif analisis data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pengelolaan kelas yang dilakukan guru ialah dengan menggunakan Rpp dan silabus untuk awalmemulai pembelajaran denganberbagai macammetode dan teknik yang selalu berubah-ubah untuk membuat siswa betah dikelas saat mengikuti materi yang diberikan oleh guru. Faktor yang mempengaruhi ada dua yaitu internal dan ekternal. Sedangkan hambatannya ialah siswa masihsering keluar masuk saat jam pelajaran, masih ada siswa yang bolos, dan siswa baru yang belum mampu beradaptasi dengan lingkungan dan peraturan kelas.Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut, pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling dan guru mata pelajaran yaitu dengan menggunakan metode serta teknik yang beragam untuk membuat kelas lebih hidup dan siswa menjadi semangat untuk menggikuti materi di kelas dan guru juga memberi sanksi kepada siswa yang melanggar peraturan untuk membuat efek jera dalam hal mengatasi siwa di kelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr.Ismail Anshari, MA 2. Zahara Mustika, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pengelolalaan Kelas Guru BK dan Guru Mata Pelajaran |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Adek Sartinawati |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 04:50 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 04:50 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5435 |