Penerapan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Media Power point pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 7 Pidie

Nadia, 201325195 (2018) Penerapan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Media Power point pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 7 Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick)
Nadia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (321kB) | Preview

Abstract

Peningkatan hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh suatu model dan media pembelajaran yang diterapkan pendidik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di sekolah, menunjukkan bahwa masih terdapat kekurangan pada kegiatan pembelajaran guru lebih senang menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan berdiskusi dan tidak menggunakan media dikarenakan metode tersebut lebih mudah digunakan, padahal hal tersebut bisa membuat siswa bosan dalam kegiatan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai. Dari permasalahan di atas peneliti ingin melakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan suatu pembelajaran inovatif yang menggabungkan antara model dan media dalam pembelajaran yaitu modelkooperatif tipe talking stick dengan Media power point.Modelkooperatif tipe talking stick merupakan model pembelajaran bermain tongkat.Sedangkan media Power point merupakan program aplikasi yang berfungsi untuk membuat bahan presentasi. Powerpoint mudahdigunakan dan menyediakan fasilitas untuk membuat presentasi menjadi menarik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui aktivitas guru, (2) Untuk mengethui aktivitas siswa, (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa padatema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV MIN 7 Pidie. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA MIN 7 Pidie yang berjumlah 25 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan: (1) Lembar observasi (2) soal post tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 70,76% dalam katagori baik, sedangkan pada siklus II yaitu89,23% dalam katagori baik sekali. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 72,30% dalam katagori baik, pada siklus IImenjadi 90,76% dengan katagori baik sekali. Sedangkan untuk hasil belajar siswa, pada siklus I memperoleh nilai 68,18% pada siklus II meningkat menjadi 90,64%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Talking Stick dengan media power point pada pada tema 3 di kelas IV MIN 7 Pidiedapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Muslim Razali, S.H. MA. 2.Wati Oviana, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, KTalking Stick, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadia
Date Deposited: 07 Nov 2018 03:01
Last Modified: 07 Nov 2018 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5454

Actions (login required)

View Item
View Item