Pengembangan Modul Pembelajaran pada Materi Laju Reaksi di SMAN 3 Seunagan

Lusyana Rahman, 140208053 (2018) Pengembangan Modul Pembelajaran pada Materi Laju Reaksi di SMAN 3 Seunagan. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengembangan Modul]
Preview
Text (Membahas tentang Pengembangan Modul)
Lusyana Rahman.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengembangan Modul]
Preview
Text (Membahas tentang Pengembangan Modul)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (340kB) | Preview

Abstract

Pengembangan modul pembelajaran laju reaksi yang dilatarbelakangi oleh terbatasnya bahan ajar pada materi laju reaksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil validasi, respon guru dan respon siswa SMAN 3 Seunagan terhadap modul laju reaksi yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan mengikuti model pengembangan dari Sugiyono. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data melalui validasi dan angket. Validasi dilakukan untuk mengetahui kevalidan modul pembelajaran sedangkan pemberian angket dilakukan untuk mengetahui respon guru dan siswa SMAN 3 Seunagan terhadap modul yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata validasi ahli sebesar 84,22 % yang tergolong pada kategori sangat valid dan validasi peer reviewer sebesar 95,1 % juga tergolong pada kategori sangat valid. Hasil respon guru kimia SMAN 3 Seunagan dinyatakan dalam persentase rata-rata nilai sebesar 95,1% dan tergolong kategori sangat tertarik. Hasil respon siswa SMAN 3 Seunagan kelompok kecil dinyatakan dalam persentase hasil rata-rata data sebesar 93,3 % dan pada uji coba kelompok besar diperoleh skor hasil rata-rata data sebesar 98,1 % dengan demikian, respon siswa tersebut tergolong dalam kategori sangat tertarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azhar Amsal, M.Pd 2. Anjar Purba Asmara, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Laju Reaksi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Lusyana Rahman
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:28
Last Modified: 15 Oct 2018 04:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5464

Actions (login required)

View Item
View Item